sebuah titik balik

The deeper the roots,
The stronger the trees,
The more beautiful the products.

Allahu akbar.
Kini saya sepenuhnya mengerti.

***

London, February 7th 2015, 10:40 pm

mindfulness

For the first time in my life, I found myself praying wholeheartedly for a simple thing yet I need the most:
a kind heart.

A heart that is always loving and compassionate,
a heart that always sees the best in everything and everyone,
a heart that is always full of gratitude and patience,
a heart that easily gives and forgives.

A soft, warm and beautiful heart,
yet very big and strong.

A heart that the only thing attached to it is: You.

***

This world, the people, and everything in it desperately need huge amount of love.
No place for anger, hatred, or cruelty, no matter how small they are.

#fightbpd

London, December 22nd 2015, 7:37 pm

reborn

“Before you can fill any vessel, you must first empty it. The heart is a vessel. It must be emptied before it can be filled. One can never fill the heart with God, so long as that vessel is full of other than Him.”

“The process of first emptying the heart can be found in the beginning half of the shahada (declaration of faith). Notice that the declaration of faith begins with a critical negation, a crucial emptying. Before we hope to reach true tawheed (true monotheism), before we can assert our belief in the one Lord, we first assert: ‘la illaha’ (there is no illah). An illah is an object of worship. But it is imperative to understand that an illah is not just something we pray to. An illah is what we revolve our life around, what we obey and what is of utmost importance to us –above all else.” 

“It is something that we live for, and cannot live without.”

“So every person –atheist, agnostic, Muslim, Christian, Jew­­– has an illah. Everyone worships something. For most people, that object of worship is something from this worldly life, dunya. Some people worship wealth, some worship status, some worship fame, some worship their own intellect. Some people worship other people. And many worship their selves, their own desires and whims.”

“These objects of worship are things to which we become attached. However an object of attachment is not just something that we love. It is something that we need, in the deepest sense of the word. It is something that if lost, causes absolute devastation. If there is anything, or anyone, other than God that we could never give up, then we have a false attachment. If there is anything, or anyone, that losing would absolutely break us, we have a false attachment.” 

“False attachments are things that we fear losing almost to a pathological extent. It is something that if we even sense is drifting away, we will desperately pursue. We chase it because losing an object of attachment causes complete devastation, and the severity of that devastation is proportional to the degree of the attachment.”

“These attachments can be to money, our belongings, other people, an idea, physical pleasure, a drug, status symbols, our careers, our image, how others view us, our physical appearance or beauty, the way we dress or appear to others, our degrees, our job titles, our sense of control, or our own intelligence and rationality. But until we can break these false attachments, we cannot empty the vessel of our heart. And if we do not, we cannot truly fill it with Allah.”

“This struggle to free one’s heart from all false attachments, the struggle to empty the vessel of the heart, is the greatest struggle of earthly life. That struggle is the essence of tawheed (true monotheism). And so you will see that, if examined deeply, all five pillars of Islam are essentially about and enable detachment.”

“Shahada (declaration of faith). The declaration of faith is the verbal profession of the very detachment we seek to achieve: that the only object of our worship, ultimate devotion, love, fears, and hope is God. And God alone. To succeed at freeing oneself from all other attachments, except the attachment to the Creator, is the true manifestation of tawheed.” 

“Salah (5 daily prayers). Five times a day we must pull away from the dunya to focus on our Creator and ultimate purpose. Five times a day, we detach ourselves from whatever we are doing of worldly life, and turn to God. Prayer could have been prescribed only once a day or week or all five prayers could have been done at one time each day, but it is not. The prayers are spread throughout the day. If one keeps to their prayers at their specified times, there is no opportunity to get attached. As soon as we begin to become engrossed in whatever dunya matter we’re involved in (the job we’re doing, the show we’re watching, the test we’re studying for, the person we can’t get off our mind), we are forced to detach from it and turn our focus to the only true object of attachment.”

“Siyam (fasting). Fasting is all about detachment. It is the detachment from food, drink, sexual intimacy, vain speech. By restraining our physical self, we ennoble, purify, and exalt our spiritual self. Through fasting we are forced to detach ourselves from our physical needs, desires, and pleasures.”

“Zakat (charity). Zakat is about detaching ourselves from our money and giving it to the sake of God. By giving it away, we are forced to break our attachment to wealth.”

“Hajj (pilgrimage). Hajj is one of the most comprehensive and profound acts of detachment. A pilgrim leaves behind everything in his life. He gives up his family, his home, his warm bed, his comfortable shoes and brand name clothes, all in exchange for sleeping on the ground or in a crowded tent and wearing only two simple pieces of cloth.”

“Realize that God, in His infinite wisdom and mercy, does not just ask us to be detached from the dunya—He tells us exactly how. It is through that detachment that we can empty the vessel of our heart in preparation for that which nourishes it and gives it life. By emptying our heart, we prepare it for its true nourishment.”

“God.”

—Yasmin Mogahed, Reclaim Your Heart

***

I have learned many life lessons since I arrived in London three months ago. So many meaningful lessons. But this is the most profound and the most fundamental lesson I’ve ever got.

It feels like I’ve been conducting a study for such a long time, and thought that I’ve been doing it right. But at times I found the results inaccurate. And what I always did was giving another shot, more and more (I am a typical kind of person who doesn’t give up easily for the things I really want). However, eventually I realized that adding more samples didn’t change anything. No matter how much I increased the sample size, the results were still distorted. I got extremely exhausted, and deeply frustrated.

Until one day, something made me realize that there was a problem with the study design. Confounding.

It hit me very hard that it’s been contaminated all this time without me being aware at all. It hit me very hard that the culprit was something that never ever crossed my mind. It hit me very hard that I’ve made a big mistake since the very beginning.

It hit me very hard that what I think is absolutely right, is not.

***

As the principal (and the only) investigator of the study, I felt terribly pathetic. The thing is, I’ve been doing it wholeheartedly. There was such an indescribable pain inside myself for having given my all, yet doing it wrong. Well, doing my best doesn’t necessarily mean that I’m doing it right.

However, I feel relieved at the same time. God is telling me that ‘I don’t give up easily’ is applicable only for the right things. He’s telling me that ‘I stop when I’m done’ is receivable only for what is worth my time, money, and effort.

He’s telling me that He’s removing things that may divert my way to Him to protect me. :)

***

London, December 14th 2015, 01.34 a.m

tentang memilih

“Akhirnyaaa gue mengerti juga.”

Pernah ga sih merasakan momen itu? Momen di mana akhirnya, kita menemukan jawaban yang melegakan atas pertanyaan-pertanyaan yang selama ini amat sangat mengganggu, jawaban yang menenangkan atas kebingungan yang selama ini menyengsarakan?

Awal Juni kemarin gue baru aja balik dari PTT. Tentu saja dengan membawa segudang rencana akan melakukan apa setelahnya. Tanpa sama sekali menduga, bahwa skenario tunggal di kepala gue bisa mendadak berubah jadi persimpangan yang nyaris bikin gila.

Setahun menjalani kehidupan PTT yang ibarat jalan lurus tanpa percabangan bermakna, membuat gue gelagapan saat dilempar kembali kepada realita di mana kita harus mampu berhadapan dengan berbagai dilema. Ini yang bikin gue sempat galau level dewa dalam waktu 2 bulan ini.

Pada dasarnya gue orang yang ingin semuanya serba jelas dan terukur, dan merasa sangat ga nyaman berada dalam situasi yang gue ga punya kendali sama sekali di dalamnya. Tentu gue sadar bahwa kita hanyalah manusia biasa yang ga punya kemampuan mengontrol sepenuhnya, tapi gue percaya setidaknya kita harus punya rencana. Dan ketika rencana yang sudah disusun sedemikian rupa mendadak porak-poranda, serta-merta dunia gue ikut jungkir-balik.

Gue orang yang cenderung ingin semuanya sempurna, dan terlalu takut membuat kesalahan. Sehingga, saat tiba-tiba gue harus membuat keputusan di sebuah persimpangan tanpa cukup tanda, gue sangat amat kebingungan. Gue hanya bisa menghentikan langkah sambil menyerapahi keadaan. Gue benci setengah mati setiap kali gue merasa gamang mesti ke mana dan ga tahu harus berbuat apa. Gue takut salah menentukan pilihan, takut pilihan gue ternyata tidak berjalan sesuai harapan, takut segala upaya gue di sana terbuang percuma.

Gue takut kecewa.

Persimpangan hidup bisa tentang apapun. Dari mulai perjalanan karir, hingga urusan hendak menitipkan hati kepada siapa. Atau, paling tidak, hendak memberikan waktu kita pada apa dan kepada siapa.

Kadangkala, kita menemukan persimpangan justru di tempat dan waktu yang sama sekali tidak kita duga. Jalanan yang kita yakini benar akan lurus-lurus saja, rupanya bercabang dua atau tiga. Dan hidup rupanya bukan sekedar perihal memilih yang baik dan meninggalkan yang buruk, tapi juga perihal menjatuhkan pilihan di antara hal-hal yang sama-sama (tampak) baik. Mungkin Tuhan ingin hidup kita sedikit lebih bervariasi, atau barangkali Tuhan sedang ingin membercandai kita saja.

Atau mungkin, Tuhan hanya ingin kita bertambah sedikit lebih bijak, ingin kita belajar sedikit lebih banyak. Bahwa di setiap persimpangan yang kita temui, Tuhan ingin melatih kita menundukkan hati, ingin kita mengasah keikhlasan dalam diri.

Tuhan ingin kita mengerti, bahwa urusan memilih tidak berhenti sampai di menimbang dan membandingkan. Kebijaksanaan dalam memilih juga terletak pada keikhlasan setelah memutuskan. Keikhlasan dalam menanggalkan seluruh preference personal kita, dan menyerahkannya kepada Tuhan. Termasuk menitipkan asa, juga kekhawatiran, hanya kepada-Nya. Melucuti seluruh emosi yang terlibat, dan menyediakan cukup ruang pasrah di antara padatnya harapan.

Semua itu tidak berarti menghilangkan atau menyunat kesungguhan hati dalam menetapkan pilihan. Bukan pula setengah hati dalam berikhtiar dan berdoa atas terwujudnya harapan. Karena sejatinya, memilih tak akan pernah mungkin dilakukan oleh hati yang terbagi. Memilih memerlukan bekal tekad bulat dan kesungguhan.

Melainkan, semata karena ketundukan hati seorang makhluk kepada Tuhan. Semata karena lahirnya kesadaran, bahwa seorang manusia tak pernah cukup punya pengetahuan tentang masa depan, tentang apa yang kelak menjadi kebaikan dan keburukan. Semata karena rasa aman dan damai yang akhirnya dirasakan, karena hidup kita dalam genggaman tangan yang paling tepat. Semata karena kita sadar, bahkan seorang manusia selayaknya memohon perlindungan dari dirinya sendiri, dari berbagai kecenderungan tanpa cukup pengetahuan dan kebijaksanaan.

Semata, karena rasa syukur yang akhirnya terpanjatkan,  karena Tuhan-lah yang mengendalikan kehidupan.

let’s daydream!

Well, setelah beberapa waktu terakhir bergulat dengan luka masa lalu (dan alhamdulillah sembuh juga :D -Segala Puji bagi Allah yang Maha Penyembuh), sudah waktunya gue menulis sesuatu yang lebih prospektif!

Berawal dari iseng-iseng surfing ke blog temen-temen lama, dan menyadari bahwa selama ini temen-temen gue keren-keren! Di usia yang sama dengan gue, pencapaian mereka begitu luar biasa. Ada yang lagi sekolah di Harvard, kerja di perusahaan besar di Jepang, bikin banyak riset (dan dipublikasikan), dll. Kereeeeen. Sementara gue? Belum punya karya apa-apa.. Masih hobi tidur dan main sama udin si kucing piaraan. *garuk-garuk tanah* Blog gue juga kebanyakan isinya…ga penting, bukan sesuatu yang bermanfaat buat orang banyak. Yassalaaam. Kaya ada telapak tangan tak kasat mata menampar-nampar pipi gue.

Memang sih, karir setiap profesi punya lika-liku yang berbeda. Karir medik dan nonmedik tentu ga bisa disamakan. Tapi tetep aja, gue merasa belum berbuat banyak. Masih menghabiskan waktu untuk hal yang kurang berguna. Masih belum tekun. Masih suka bermalas-malasan. Masih suka menunda-nunda pekerjaan. Masih lebih memilih jalan yang mudah dan datar-datar aja, dan enggan menempuh jalan mendaki. Padahal katanya, “When you find yourself climbing, you’re on the right track.”

Maka dari itu, meski ini bukan lagi tahun baru, tapi gapapa yaaa bikin resolusi, hehehe. Ada hal-hal yang gue harap bisa gue capai di tahun ini, ada juga mimpi-mimpi konyol yang gue harap bisa gue capai suatu saat nanti, meski entah kapan. Semoga bisa jadi penyemangat untuk terus bergerak, sekaligus jadi pengingat, kalau sewaktu-waktu gue lupa pernah punya mimpi-mimpi untuk diwujudkan.

Resolusi 2014:

1. Memanfaatkan sisa masa bakti sebagai dokter PTT dengan sebaik-baiknya.
Saat ini gue sedang mengabdikan diri di sebuah daerah perifer di Kalimantan Barat. Insya Allah pada akhir bulan Mei 2014, masa bakti gue selesai. Hmm, tentang lika-liku perjalanan 1 tahun gue PTT di sini, akan gue bikin tulisan terpisah :) . Tapi pada intinya, 3 bulan terakhir gue di sini, mudah-mudahan kehadiran gue bisa memberikan manfaat yang sebesar-besarnya, lebih besar daripada 9 bulan pertama. Gue ingin, ketika gue selesai PTT di sini, gue puas dan lega, karena sudah melakukan pelayanan yang terbaik.

2. Sekolah lagi.
Sepulang PTT, Insya Allah gue akan mendaftar spesialis. Mudah-mudahan segala sesuatunya berjalan lancar.. Mohon doanya ya :)

3. Lancar nyetir mobil!
Ya Tuhaan, skill ini dari dulu ga pernah bener-bener gue kuasai, alias cuma setengah bisa. Salah gue juga sih, suka males-malesan kalo disuruh nyetir. Belum berasa pentingnya soalnya, hehe, kebiasaan dianterin bokap ke mana-mana atau nebeng temen. Sekarang, setelah bokap udah makin sepuh dan rasanya udah ga pantes lagi anak gadis usia 25 minta dianter ke mana-mana (bahkan bokap gue suka nganter dan nungguin gue hair spa loh :D ), dan temen-temen yang biasa ditebengin juga udah pada married, sementara punya kemampuan mobilitas itu adalah mutlak, kayanya emang harus maksain diri bisa nyetir…biarpun jujur aja, kemampuan visuospasial gue minusssss banget, dan kalo gue sampai bisa nyetir dan bisa tau arah ato inget jalan, pasti itu…keajaiban.

Selain hal-hal yang ingin gue capai di 2014, ada juga beberapa hal lain yang gue impikan bisa terwujud, at least once in my lifetime. Some of them are…ehm, ridiculous, though. :D

1. Salah satu mimpi konyol gue: pengen nulis buku! Buahahahaha.
Sejak kecil gue senang dengan pelajaran bahasa dan juga senang menulis. Waktu masih SD, di saat temen-temen gue mengeluh kalo guru ngasih tugas mengarang bebas, gue justru sebaliknya. Gue malah enjoy, menumpahkan ide-ide di kepala gue lewat tulisan. Saat SMP, gue mulai suka membuat cerpen-cerpen. Pernah juga gue iseng ngirim cerpen ke salah satu majalah remaja. Tapi, tentu aja, ga dimuat, haha.
Ketika gue kuliah, gue mulai bikin blog pribadi dan menyalurkan hobi menulis gue di sana. Gue paling seneng saat menulis metafora. Tapi yah gitu deh, gue ga produktif juga nulisnya. Jadinya kebanyakan isi blog gue malah tulisan-tulisan ga jelas, haha.
Well, sejauh ini gue ga pernah serius sih menggeluti dunia tulis-menulis. Cuma sebatas hobi aja. Writing makes me happy. That’s all. :D

2. Melihat dunia.
Pengeeeeen banget, at least once in my lifetime, merasakan yang namanya tinggal di negeri orang. Bukan menjadi turis yang singgah sejenak, foto-foto buat diunggah di socmed, belanja, lalu pulang. Melainkan tinggal cukup lama, berinteraksi dengan penduduk lokal, belajar bahasa dan budaya setempat langsung dari penduduknya.. Gue yakin dari sana akan ada banyak sekali pelajaran kehidupan yang bisa dipetik. Gue percaya bahwa kebijaksanaan didapat dari wawasan dan pengalaman yang luas, serta pemikiran yang terbuka. Adopsi nilai-nilai yang baik, dan tinggalkan yang buruk.

3. Building a great family.
I know I’ve been a…ehm, single, for couple of months, so me talking about this seems…inappropriate, haha. But, I have my own imagination of what kind of family I wanna build…one day.
Gue melihat orang-orang Indonesia itu banyak tertarik dan menghabiskan waktu, uang, ataupun perhatian pada hal-hal yang honestly…ga penting. Contoh sederhananya, kita berlomba-lomba beli smartphone, yang ujung-ujungnya socmed lagi socmed lagi yang dibuka. Menghabiskan waktu ga jelas melihat status orang-orang, foto-foto, dll. Padahal waktu adalah aset yang paling berharga. Sementara niscaya, bahwa kalo kita ga sibuk dengan hal-hal bermanfaat, pasti kita sibuk dengan hal-hal ga bermanfaat. Contoh lain, kita juga merasa memiliki prestige saat makan di resto mewah, foto bersama makanan yang harganya selangit (padahal worth it banget ga, sehat juga ga), lalu diunggah di socmed. Sorry to say, tapi buat gue, kita semua selama ini kebanyakan gaya, dan itu memuakkan dilakukan oleh bangsa yang masih bergulat dengan kemiskinan dan kebodohan seperti kita. Masyarakat kita rupanya belum punya karakter yang kuat, silau dengan hal-hal tersier, dan justru sering lupa dengan hal-hal primer. Padahal seharusnya, bangsa kita menyibukkan diri dengan giat belajar, bekerja, dan berkarya.
Jadi, jika suatu saat nanti berkeluarga, gue harap gue dan suami (jangan tanya siapa :D ) bisa kompak bekerja sama membangun sebuah keluarga dengan karakter yang kuat, keluarga yang hanya (bersedia) disibukkan dengan hal-hal yang baik dan bermanfaat. Gue ingin keluarga gue nanti, lebih memilih untuk membeli buku baru ketimbang membeli baju atau sepatu baru, lebih memilih untuk belajar bahasa, musik, atau apapun yang lebih jelas manfaatnya ketimbang nongkrong ga jelas, lebih bangga makan masakan gue (yang mudah-mudahan aja enak :D ) ketimbang makan makanan resto, lebih memilih menghabiskan minggu pagi dengan berlarian di taman atau bersepeda ketimbang guling-guling malas-malasan di depan TV. Gue juga berharap anak-anak gue nanti terbiasa mengemban tanggung jawab sejak dini, karena saat dewasa kelak, mau ga mau pundaknya harus kuat terhadap beban. Terbiasa terlibat dalam berbagai urusan sejak dini, karena semakin banyak wawasan dan pengalaman, semakin baik decision-making seseorang. Terbiasa hidup ga serba mudah, karena mau ga mau, keberhasilan seseorang tergantung daya tahan dan ketabahannya. Juga, terlatih untuk punya banyak keterampilan, karena seberapa bermanfaat dirinya yang menjadikan berkah kehadirannya.
Gue ingin membangun keluarga yang bukan hanya sekedar menambah populasi atau menuh-menuhin negara tanpa memberi sumbangsih apa-apa. Tapi sebuah keluarga yang kuat dan menguatkan sekelilingnya, keluarga yang memberi nilai guna untuk banyak orang, keluarga yang sejak awal sadar bahwa hidup adalah perjuangan sementara untuk istirahat yang kekal di negeri akhirat, bahwa hidup di dunia semata-mata untuk beribadah dan mengumpulkan bekal sebanyak-banyaknya, agar kelak bisa berkumpul kembali bersama-sama di surga-Nya, selamanya.
Tapi, tentu aja, pertama-tama gue harus jadi orang tua yang oke dulu :D sosok yang bisa dijadikan teladan oleh anak-anak gue. Bismillaaah, mudah-mudahan bisa!

Well, those are my dreams :D . What are yours?

Mudah-mudahan Allah memberi kita kesempatan dan kekuatan untuk bisa memeluk mimpi-mimpi kita. Amin amin amiin.

“If your dreams do not scare you, they are not big enough.” ;)

ketika luka berbahasa

Satu luka mampu mengisahkan sejuta cerita. Tapi siapakah mereka sampai kamu bersedia menceritakannya? Siapa pula kamu sampai-sampai lukamu menjadi penting untuk mereka tahu? Luka orang lain saja, yang kebetulan kamu ketahui, akan kamu bawa mati, apalagi lukamu sendiri?

Menganggap luka kita lebih dalam daripada luka orang lain itu tak pantas. Setiap orang memiliki lukanya masing-masing. Hanya saja kita tak memiliki kemampuan untuk melihatnya. Jadi, selalu hormati orang lain. Kamu tak pernah tahu sudah sepayah apa ia berjuang, dan pernah sesekarat apa ia.

Luka-lah yang mendewasakan seseorang. Menjadikan ia lebih kuat dan tegar. Menjadikan ia lebih sanggup untuk menghadapi berbagai tantangan di masa depan. Manusia ditakdirkan untuk belajar lebih banyak dari luka dan kegagalan, bukan dari tawa dan kesenangan.

Tapi luka juga melahirkan trauma. Membentuk seseorang menjadi pribadi yang seolah mati rasa. Yang menatap hidup dengan dingin tanpa riak emosi. Tidak selalu. Tapi bisa jadi.

Luka juga yang menjadikan seseorang lebih waspada dan tak mudah percaya. Ia tahu, keselamatannya murni tanggung jawabnya pribadi; tak ada satupun orang yang mampu melindunginya. Sekalipun ada yang benar-benar berusaha melindunginya, takkan menjamin selamanya ia bebas dari luka. Tapi setidaknya, kini ia belajar membedakan mana yang melukainya dengan sengaja, dan mana yang melukainya, semata karena keterbatasannya sebagai manusia.

Maka seseorang yang pernah benar-benar terluka, tak akan pernah lagi berteduh pada siapa-siapa. Hanya ada dia dan Yang Maha Kuasa.

Tapi bagaimanapun juga, kita harus hidup dengan proporsional. Menjadi getir sesudah terluka, adalah manusiawi. Tapi jauh lebih baik, bila luka mampu menjadikanmu lebih tegar tanpa perlu menjadi seorang yang getir.

Di antara semua luka, tidak ada yang lebih menyakitkan daripada luka yang kamu buat sendiri. Untuk pulih, perlu dialog yang panjang dengan diri sendiri, perlu jiwa yang bebas dari gaduh-gelisah. Dan tentu saja, perlu waktu, untukmu memaafkan dirimu sendiri. Karena pernah melakukan sesuatu yang salah, berjuang di medan perang yang salah, menghabiskan waktu pada hal yang salah. Karena, entah mengapa, pernah menjadi seseorang yang begitu bodoh.

Tapi luka bukan untuk dipikirkan apalagi diratapi berlebihan. Karena sampai kapanpun juga, kamu tak akan bisa melepaskan diri dari luka, sekencang apapun kamu berlari. Selamanya ia melekat erat pada dirimu, menyatu sebagai salah satu elemen pembentuk atas siapa kamu hari ini. Luka juga yang membuat kita menjadi pribadi yang lebih arif kepada sesama manusia.

Jangan didik dirimu untuk tak pernah jatuh. Tapi didiklah dirimu untuk selalu bangkit. Jatuhlah seratus kali, asalkan bangkit seratus satu kali.

Terakhir. Kamu tak pernah benar-benar mengenal seseorang, sampai kamu mengerti kisah mengenai lukanya. Dan kamu tak benar-benar menyayangi seseorang, sebelum kamu mampu menghormati lukanya. Tentang bagaimana ia mendapatkannya, dan bagaimana ia berjuang menyembuhkannya.

;)

resetting life

“And once the storm is over, you won’t remember how you made it through, how you managed to survive. You won’t even be sure, in fact, whether the storm is really over. But one thing is certain. When you come out of the storm, you won’t be the same person you walked in.” -Haruki Murakami

***

Hidup gue tiga tahun belakangan ini, gue akui, berantakan. Dalam banyak aspek. Sehingga, barangkali Tuhan akhirnya memutuskan untuk mengambil langkah: ‘mendefibrilasi’ hidup gue. Memberikan kejutan mahadahsyat pada hidup gue, mematikan semua aliran listrik yang kacau-balau pada hidup gue, agar setelahnya, irama hidup gue bisa normal kembali. Dan tujuannya hanya satu: menyelamatkan gue.

Begitulah kira-kira, gue memahami apa yang terjadi pada hidup gue belakangan ini. Sebagai manusia biasa, tentu semua proses itu ga mudah gue jalani. Tapi toh semuanya berlalu juga. Dan gue mensyukuri semuanya. Amat sangat. Allah Rahman, Allah Rahim.

So, how’s my life now? Alhamdulillah, happy and enjoyful. :) Enam bulan ini gue membenahi hidup gue. Menata kembali semua pada tempatnya, menemukan kembali diri sendiri yang pernah hilang entah ke mana, juga menetralkan kembali semua kecenderungan. Tak lupa, menyemangati diri sendiri setiap mulai kelelahan.

Life is a bucket of thousand beginnings. So, just start wherever you are right now, even in zero point or minus point.

Sulit memang, untuk memulai (kembali) sesuatu. Perlu waktu yang tak sebentar, perlu banyak merenung, perlu pintar-pintar memotivasi diri. Sampai akhirnya gue bisa bilang ini ke diri gue sendiri:

“Jatuh? Oh, biasa. Sini, bangun, berdiri lagi. Oke?”

“Kemarin bikin salah? Oh, yaudah. Hari ini kita mulai lagi. Ya?”

We can’t be perfect. Never. But we can be better. Right?

Selain itu, perjalanan kita tak harus sama dengan perjalanan orang lain. Stop comparing your journey and theirs. Ga ada hubungannya. Kesadaran akan inilah, yang juga membuat jiwa gue damai dan lepas dari gelisah. I’m enjoying my journey. :)

I don’t want what everyone else has. I want only what Allah thinks best for me.

I believe that good things and good people will come into my life. In a way only God knows. :)

***

Hey, it’s a beautiful day! Don’t you see it? :D

 

 

 

 

 

 

Previous Older Entries

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.