memiliki kehilangan

Kehilangan.

Gw rasa, tak ada orang di dunia ini yang sama sekali belum pernah merasa kehilangan, entah sekedar kehilangan sebuah benda, atau kehilangan seseorang.

Gw belajar banyak dari beberapa peristiwa dalam hidup, di mana gw kehilangan hal-hal yang sebelumnya jadi ‘milik’ gw. Kehilangan tas beserta isinya sewaktu berjalan-jalan di mall, kehilangan semua file dalam laptop yang sudah dikumpulkan selama 3 tahun, kehilangan jam tangan yang sudah dipakai selama 13 tahun, kehilangan seseorang yang istimewa, dan kehilangan-kehilangan lainnya.

Perasaan kehilangan dari semua pengalaman itu bervariasi derajatnya, tergantung dari seberapa besar rasa memiliki gw terhadap hal-hal tersebut. Ada kalanya sembuh dalam waktu yang singkat, dan ada kalanya gw memerlukan hitungan tahun untuk dapat pulih dari rasa kosong yang amat sangat tersebut. Dari sana, gw belajar, tentang bagaimana caranya menyembuhkan sebuah perasaan kehilangan, setelah hal-hal yang tadinya ada pada gw, hilang. Gw jadi jauh lebih paham, bahwa sesungguhnya semua yang ada pada kita memang benar-benar sekedar titipan dariNya, tidak lebih. Allah is The Real Owner. Sehingga, terhadap hal-hal yang masih ada pada gw sekarang, gw jadi tersadar bahwa kelak, cepat atau lambat, hal-hal tersebut akan pergi. Sehingga, rasa memiliki gw terhadap mereka tak boleh berlebihan. Agar kelak, jika tiba waktunya, gw bisa segera menerimanya dengan hati yang lapang dan ikhlas. Selain itu, gw juga jadi tersadar, bahwa terhadap hal-hal yang belum masuk ke dalam hidup gw (tapi berpeluang), sedari awal sebelum gw memutuskan untuk memiliki hal-hal tersebut, mestinya gw juga sadar bahwa dengan memiliki hal-hal itu, di saat yang bersamaan gw juga mengambil  risiko kehilangan mereka. Sehingga, jika peristiwa kehilangan itu benar terjadi, gw akan jauh lebih siap, akan jauh lebih ikhlas.

Pelajaran tentang kehilangan ini bukan hanya mengajari gw dalam mengatur rasa memiliki, tetapi juga mengajari gw, betapa gw harus memperlakukan hal-hal tersebut dengan sebaik-baiknya selama masa ‘kepemilikan’ gw.

=)

6 Comments (+add yours?)

  1. p3yots
    Feb 03, 2010 @ 20:03:14

    trims artikelnya.
    saat ini saya benar2 merasa drop

    Reply

  2. ladysherry
    Feb 04, 2010 @ 20:32:24

    “harus memperlakukan hal-hal tersebut dengan sebaik-baiknya selama masa ‘kepemilikan’ gw”
    we dont know what we’ve got ’til it’s gone.. kita harus banyak2 bersyukur ya nif.. gw kurang banget yang satu ini

    Reply

    • hanifmiauw
      Feb 07, 2010 @ 17:29:15

      yepppp,, masih belajar juga nih naad,, ^^
      nulis ini buat mengingatkan diri sendiri juga, hohohoo,,

      Reply

  3. han
    Feb 11, 2010 @ 00:30:39

    right hanif..two thumbs up.. ^_^

    Reply

Leave a Reply

