kala jingga tak berarti senja

Aku selalu memimpikan senja. Bagiku senja adalah sebuah kemewahan; bagiku senja adalah sebuah kemegahan. Keistimewaannya bahkan terlalu sulit untuk bisa ku verbalkan dengan sederhana.

Dan jingga, selalu mengingatkan aku akan senja. Maka, saat di suatu hari yang biasa tiba-tiba aku menemukan jingga, jantungku melompat-lompat ingin keluar dari selaput pembungkusnya, bahkan kalau bisa dari rongga di bawah iga-iga.

Jingga itu bukan saja sangat indah dipandang mata, tetapi juga demikian menghangatkan dan mendamaikan. Sampai tak percaya rasanya, nadiku masih jelas teraba saat jingga memperlihatkan dirinya, memulaskan warna dengan penuh cinta di kaki angkasa.

Jingga. Hangat. Damai. Apa lagi kalau bukan senja?

Sampai akhirnya serumpun bunga matahari mengejutkanku. Kata mereka, aku ini buta atau apa? Maka saat jelas bagiku, sesungguhnya jingga tak bersanding di ufuk barat, jantungku mendadak seperti berhenti memompa.

Sayangku, jingga tak selalu berarti senja, kata mereka.

Dan tak ada yang bisa mengobati sesak di dada selain sekian mililiter air mata. Aku tahu usiaku sudah dua puluh dua tetapi aku tetaplah perempuan biasa. Bagiku air mata adalah bentuk kejujuran jiwa, maka darinya kau akan tahu hatimu membisikkan apa. Pun perlu sekian hari pengasingan diri untuk mengerti sesungguhnya ada apa.

Senja, ternyata tak cukup didefinisikan oleh warna belaka, apalagi menduga-duga. Ada begitu banyak hal yang membentuk senja. Mentari di ufuk barat, lembayung yang merona, bahkan burung-burung yang terbang pulang.

Maka, biarkan aku menceritakan jingga di sini, untuk ku kenang sampai kapanpun jua, bahwa di salah satu hitungan usiaku, aku pernah benar-benar mengerti, bahwa perlu hati yang demikian lapang dan jiwa yang demikian besar untuk sebuah mimpi yang tak ditakdirkan menjadi realita.

2 Comments (+add yours?)

  1. Budiman As'ady
    Jan 24, 2011 @ 23:22:06

    mungkin jingga sedang menenggelamkan diri, dan akan hadir kembali di ufuk yang lain
    *rangkaian sejuta makna, apik…

    Reply

Leave a Reply

