weight reducing program

Jadi, ceritanya Kucing sedang semangat mengatur pola makan Beruang 🙂.

Berawal dari Beruang yang sering mengeluh nyeri kepala, dan pas Kucing ukur tekanan darahnya ternyata udah masuk kategori hipertensi grade 2😦 (udah dilakukan lebih dari 1x pengukuran). Dan setelah berat badan aktual Beruang ditimbang di Poliklinik tadi, jarum timbangan menunjukkan tepat angka 100, dan setelah IMT Beruang dihitung ternyata lebih dari 30, akhirnya kami sebagai koas modul Elective Hipertensi yang baik memulai Bear Body Shape Program Bear Weight Reducing Program *ga tau deh ini bener apa kagak istilahnya hahaha*. Program ini bertujuan untuk menurunkan tekanan darah Beruang pada khususnya, dan untuk meningkatkan kualitas hidup Beruang pada umumnya *apa coba*. Yeah, biarpun Captopril harganya murah meriah tapi daripada Beruang harus minum obat antihipertensi, kalo tekanan darahnya bisa normal dengan terapi nonfarmakologis, ngapain minum obat, ya ga? Lagian dengan mengurangi berat badan, bukan tekanan darahnya aja yang bisa turun, tapi perutnya juga bisa ga (terlalu) bundar lagi😀 *tapi Kucing nanti jadi ga punya ‘sandbag’ buat ditinju-tinju lagi*. Selain itu Beruang juga jadi bisa ikut pertandingan bulu tangkis yang single player😀 *anyway kayanya yang gw tulis bener-bener ngajak Beruang perang banget sama Kucing ya, jadi kalo besok-besok Kucing hilang mendadak, mohon curigai Beruang sebagai tersangka utama*.

Kembali ke Bear Weight Reducing Program, program ini terdiri dari diet yang benar dan olahraga teratur. Diet yang benar di sini berarti Beruang harus makan teratur dan porsinya normal. Porsi normal di sini Kucing definisikan dengan ga boleh nambah nasi *apalagi sampai makan nasi 2,5 piring seperti waktu makan Ayam Bakar 48 kemaren*. Asupan garam dan gula juga harus dibatasi. Dan kalo Beruang laper di antara 2 waktu makan, usahakan makan buah aja. Program diet ini meskipun ditujukan untuk Beruang, tetapi ternyata berimbas kepada Kucing. Bukan karena Kucing jadi repot mengontrol pola makan Beruang *Kucing justru seneng karena jadi kaya punya pasien beneran :)* tapi karena Kucing jadi harus mengontrol nafsunya membeli makanan yang tidak perlu. Selama ini kalo makanan Kucing ga habis karena Kucing udah kenyang, biasanya Beruang yang (entah terpaksa, entah senang hati) ngabisin😀. Itu tentang diet. Lalu Beruang juga harus olahraga teratur, klo bisa 2-3x dalam seminggu. Sekali olahraga cukup 30 menit. Biasanya Beruang jogging habis solat subuh di sekitar Salemba.

Program ini akan dievaluasi setiap bulan. Targetnya dalam 3 bulan berat badan Beruang bisa turun 20% dan tekanan darah Beruang bisa terkontrol. Semangat!🙂

9 Comments (+add yours?)

  1. ria
    May 20, 2011 @ 22:12:38

    Semangat buat kucing, pasti butuh kesabaran yg cukup tinggi untuk bertahan mengatur life style beruang,hihihi (disamping itu kucing sendiri life style-nya gmn?ntar beruang g termotivasi lagi,ckckck)

    eh beruang dengerin tuh..latihan dari dini, telah ada org yg mengatur pola hidup anda alias (pre-havingLittleFamily)ih apa sih g ok bgt y gw kata2nya?😀

    Reply

    • hanifmiauw
      May 20, 2011 @ 23:21:48

      hihihi doakan semoga program ini membuahkan hasil ya ri😀

      errrr, iya sih, gw juga makannya belom bener hahaha😄

      Reply

  2. kidung kelana
    May 20, 2011 @ 22:15:59

    kucing, menurut riset olahraga yang bermakna utk penurunan BB itu diatas 150 menit perminggu, bagus lagi kalo sampe 200 menit. Dibagi dalam 3-5 kali aja, sekitar 40 menitan. Pilih OR yang aerobik, jalan atau sepeda atau renang..
    Makannya dikurangi sekitar 1000 kkal dari porsi biasanya, karb/prot/lemak persentasenya 55/20/25.. Penurunan BB sebaiknya gradual, 10% dlm 6 bulan. Tapi dengan modifikasi lifestyle diatas, sepertinya bisa turunnya bakal lebih banyak..
    Tip salam buat beruang ya, semangat dietnya! Hohohoo..
    Btw, aku link blogmu ke blog ku,,

    Reply

    • hanifmiauw
      May 20, 2011 @ 23:26:28

      halooo kipooon ^^
      kenapa kidung kelana pon? *just wonder🙂
      wooow, kipon mau jadi SpGK yaaa? ato mau jadi SpKO? hihihi.. anyway makasih banyak kipooon masukannya.. ^^

      Reply

  3. kidung kelana
    May 21, 2011 @ 00:32:14

    nggak kenapa napa, suka aja nip.. Enak di kuping dan anggun. Hohohooo~
    SpKO? nggak ko nip.. Kalo gizi sih blm tau sih. Itu taunya soalnya kan elektifnya gizi obesitas. Hehee.. =)
    moga sukses yaa.. Oya, katanya kalo mahasiswa gratis kok ke klinik gizi di seruni itu. Paling2 bayar administrasinya aja,,

    Reply

  4. fatihah
    May 24, 2011 @ 14:07:28

    heii,,, nona….
    ayo kucing,, semangat me”langsing”kan si beruang… m(hehe,, ampun beruang.. :p)
    yap,, setuju sama mba kipon,, penurunannya gradual aja anip sayang,, 1/2 sampe 1 kg per minggu udah bagus,, asal dimaintance dengan olahraga 40 menit sehari.. olahraga jalan santai aja,, asal 40 menit,, jangan yang bikin ngos2an,, karena yang kebakar otot dan laktat yang kekumpul.. sebelum olahraga 40 menit,, boleh bakar glukosa dan glikogen dulu dengan latihan angkat beban 1 kg.. (pake dorland juga bisa,,haha).. habis itu lanjut jalan ato renang 40 menitan,, yang kebakar lemak tuh bakalan..🙂

    trus,, kalo emang bener2 mau turun cepet,, karbohidrat dibatasin banget ya,, trus biar ga cepet lapar,, pas sarapan banyakin proteinnya…
    biar gampang,, awal2,, setiap porsi makan,, dikurangin 1/4 dari biasanya..
    oke2??
    SEMANGAAAT!!!!!

    Reply

  5. Ira
    Jun 05, 2011 @ 21:07:46

    Manisnya… Likes this, kak! :p
    Hihihi…

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: