weight reducing program: progress bulan pertama

Postingan ini adalah lanjutan dari postingan sebelumnya.

Jadi, Beruang sudah menjalani 1 bulan program penurunan berat badan. Berikut adalah laporannya:

Pertama-tama, Kucing dan Beruang menghitung kebutuhan kalori Beruang sesuai dengan berat badan idealnya, di mana setelah dihitung-hitung, kebutuhan kalori Beruang (setelah dilakukan koreksi faktor pekerjaan dan berat badan) yaitu sebesar 2000 kkal. Dari angka itulah mulai disusun menu diet untuk Beruang. Kebutuhan kalori yang sebesar 2000 kkal itu dibagi menjadi 3x makan, dengan sarapan dan makan siang lebih besar presentasenya daripada makan malam (750 kkal sarapan, 750 kkal makan siang, dan 500 kkal makan malam). Karbohidrat, protein, lemak, serta sayur dan buah pun diupayakan seseimbang mungkin sesuai dengan yang dianjurkan. Menu diet disusun berdasarkan data dari Dept. Gizi FKUI-RSCM yang didapatkan dari seorang teman yang mengambil Elective Gizi (terima kasih banyak! :)). Dari data itulah Kucing jadi hapal bahwa 1 porsi nasi setara dengan 175 kkal, 1 potong sedang daging setara dengan 95 kkal, 1 potong tempe setara dengan 40 kkal, 1 buah apel setara dengan 80 kkal, dan masih banyak lagi. Jadi, intinya, hitung-menghitung! Beruang senang sekali makan soto ayam, jadi semua bahan makanan yang membentuk si soto harus dihitung kalorinya, termasuk minyak soto, kol, tauge, dan daun bawang (meskipun ternyata sebanyak apapun makan kol, tauge, dan daun bawang setara dengan 0 kkal). Menu diet yang disusun sebisa mungkin menghindari segala jenis makanan yang digoreng, karena minyak goreng itu ternyata sangat jahat, Saudara-Saudari! Setengah sendok makan saja setara dengan 45 kkal. Sedangkan untuk menggoreng sepotong ayam pasti minyak yang digunakan jauh lebih banyak dari itu. Jadi, Beruang sebisa mungkin harus menjauhi makanan yang digoreng. Selain itu, Beruang juga melakukan aktivitas fisik setiap minggunya, meskipun tidak sesuai dengan anjuran, yaitu 3-4 x/minggu.

Nah, tebak berapa penurunan berat badan yang dicapai oleh Beruang selama 20 hari? 1 kg saja -.- Meskipun tetap membuahkan hasil, tetapi hasilnya kurang bermakna. Setelah dianalisis, 2000 kkal itu sepertinya sama dengan jumlah makanan Beruang sebelum diet. Jadi, artinya, asupan makan Beruang harus lebih dibatasi lagi kalau mau mendapatkan hasil yang lebih bermakna.

Program diet Beruang pun berubah. Bukan hanya pemilahan jenis makanan saja yang harus dilakukan, tetapi juga pengurangan porsi makan Beruang. Kalau 20 hari pertama Kucing tidak tega menyunat porsi makan Beruang karena khawatir Beruang tidak kuat, kali ini Kucing mengambil langkah tegas: Beruang diwajibkan makan nasi setengah porsi setiap kali makan. Kucing tahu Beruang akan sedikit tersiksa dengan keharusan seperti ini, tetapi mau bagaimana lagi. Beruang harus sedikit berkorban kali ini🙂 Tetapi, Kucing memberi pesan kepada Beruang, jika suatu ketika Beruang merasa tidak tahan dengan pola diet seperti ini, Beruang diperbolehkan untuk kembali makan nasi dengan porsi biasa. Tetapi, setelah itu harus kembali ke porsi setengah. Selain itu, Beruang juga membiasakan minum air putih. Sekalipun ingin minum teh, Beruang biasanya memesan teh tawar, dan Beruang menambahkan sendiri gula Tropicana Slim yang selalu dibawanya ke mana-mana🙂 *anak pintaaaar*.

Dan, tebak, dalam 10 hari, berapa penurunan berat badan Beruang? 1 kg🙂 alias 2x lebih banyak dibandingkan pola diet sebelumnya. Jadi, dalam 30 hari Beruang sudah turun 2 kg menjadi 98 kg. Alhamdulillah🙂. Kucing saaaangat senanggg!🙂 Kucing dan Beruang pun tambah semangat untuk melanjutkan pola diet terakhir. Jika setiap 10 hari berat badan Beruang bisa turun 1 kg, maka dalam 3 bulan Beruang bisa menjadi 92 kg!🙂

Selain itu tekanan darah Beruang juga secara rutin diukur. Tekanan darah sistolik Beruang memang sudah turun sejak awal diet, tetapi tekanan darah diastolik Beruang agak bandel, seringkali masih tak mau beranjak dari angka 100 mmHg. Tetapi, pengukuran terakhir beberapa hari lalu menunjukkan angka 130an/80an mmHg🙂

Semangaaaat!🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: