weight reducing program: progress bulan ketiga

Okay. Jadi sampai saat ini Beruang sudah tiga bulan berjuang menjalani program penurunan berat badan. Yeay!😀

Berikut adalah laporannya:

Pada 10 hari pertama berat badan Beruang mencapai target, yaitu 94 kg. Meskipun pada 10 hari pertama ini sempat ternodai oleh keripik Ma***h dan Kri*o oleh-oleh dari Kucing yang Beruang lahap dengan membabi-buta. Keripik ini memang enak dan nagih banget (kenapa jadi promosi gini?), tapi ternyata ga cocok buat penderita hipertensi seperti Beruang karena kadar garamnya cukup tinggi.. Beruang sempat mengeluh nyeri kepala setelahnya, tetapi sayang sekali saat itu Kucing belum sempat mengukur tekanan darah Beruang.

Pada 10 hari kedua, karena sudah memasuki bulan puasa, dilakukan modifikasi pola diet Beruang. Pada bulan puasa Beruang diizinkan untuk makan sahur 1 porsi penuh (kecuali makanan yang digoreng), sedangkan untuk buka puasa Beruang kembali makan setengah porsi. Pada akhir minggu kedua didapatkan berat badan Beruang 93,5 kg. Tidak tercapainya target berat badan di minggu kedua ini diduga karena kurangnya akivitas fisik Beruang selama bulan puasa. 10 hari kedua ini juga sempat diwarnai dengan  kesalahan jenis makanan. Beruang kembali mengeluh nyeri kepala, dan saat diukur tekanan darahnya mencapai 140/100 mmHg. Kucing dan Beruang awalnya kebingungan memikirkan faktor penyebabnya, karena rasanya pola makan Beruang sudah dijaga kembali. Sampai akhirnya Kucing menyadari sesuatu: Sebelumnya selama dua hari berturut-turut Beruang makan sushi yang dilumuri dengan kecap asin.. Kucing tidak menyadari bahwa Beruang makan kecap asin karena Kucing biasanya kalau makan sushi tidak pernah pakai kecap asin.. Hadeuh.. Tekanan darah Beruang ternyata sangat sensitif terhadap kadar garam..

Pada 10 hari ketiga, pola makan Beruang kembali dimodifikasi untuk mengejar target. Beruang makan sahur dengan porsi 3/4 ditambah buah dan berbuka puasa dengan porsi setengah. Beruang tidak diperkenankan lagi makan sushi dengan kecap asin. Alhamdulillah target tercapai: berat badan 92 kg dengan tekanan darah 128/90 mmHg🙂

Dengan demikian, Beruang sudah menjalani 3 bulan program penurunan berat badan. Sebagai hasilnya berat badan Beruang sudah turun sebanyak 8 kg🙂 *Kucing sangat bangga sebagai manajer :D* Selain angka di timbangan dan angka pada spigmomanometer yang menjadi bukti objektif, ikat pinggang Beruang juga menjadi saksi bisu. Kini Beruang dapat memundurkan lubang pada ikat pinggangnya sebanyak 2 buah😀. Sedangkan data subjektif mencakup komentar orang-orang bahwa Beruang sekarang kurusan🙂

Meski pencapaian yang diraih Beruang sudah cukup besar *ahey!* tetapi perjuangan Beruang tidak boleh berakhir sampai di sini. Beruang masih harus menjalani program hingga tercapai berat badan ideal dan tekanan darah yang terkontrol.

Semangat!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: