jawab atas tanya

Saat gw sedang mengetik ini, gw sedang duduk di atas kasur kamar gw di Bandung, padahal seharusnya gw sekarang sedang berada di ICU RSUD Arjawinangun menunaikan tugas jaga. Tapi segala sesuatu harus disyukuri, termasuk badan yang sedang tidak fit selama beberapa hari terakhir🙂

Ada banyak captured moments yang ingin gw bagi di sini, tapi juga ada emmh katakanlah sejumlah kegalauan (?) yang juga ingin gw tuang di sini. Dan, tampaknya kegalauan lah yang menang, hahaha.

Gw tidak menyangkal bahwa gw memang orang yang sering berpikir ribet. Mereka yang sudah mengenal gw dengan baik, sering berkata bahwa gw adalah orang yang sudah melompat bahkan sebelum duri tampak. Mereka bilang, ancang-ancang gw sering terlalu dini. Mereka bilang, pemikiran gw terlalu jauh ke depan, bahwa kekhawatiran gw terlalu berlebihan. Tapi, di balik itu semua, sebenarnya ada hal positif yang bisa gw ambil: gw adalah orang yang well-prepared.

Tapi, kompleksitas hidup semakin menjadi. Ada banyak hal yang sulit atau bahkan tidak dapat diprediksi. Ada beberapa problema kehidupan yang jalan keluarnya entah ada atau tidak, saking ruwetnya. Dan ada satu hal yang terus-menerus mengisi pikiran gw 1-2 tahun belakangan ini. Pertanyaan yang sama, yang terus menggema tanpa henti, karena belum juga ada jawabnya.

Maka setiap kali tanda tanya itu tak berbuah titik, apalagi tanda seru, yang gw lakukan hanyalah meninggalkan pertanyaan itu utuh seperti sedia kala. Untuk gw coba temukan lagi jawabnya di kemudian hari, sembari berdoa semoga dalam waktu dekat Tuhan mempertemukannya dengan jawab.

Atau, paling tidak, agar Tuhan memberikan kesabaran ekstra kepada tanya yang semakin menua.

Leave a Reply

