paradoks

Paradoks-paradoks yang kita temui dalam hidup sesungguhnya memperkaya khazanah kita tentang kehidupan. Juga memperluas cara pandang kita selama ini terhadap sesuatu. Bagi saya, paradoks juga terjadi pada cinta.

Cinta dan realita. Ah, dua hal ini memang sering tak sejalan. Cinta berjalan ke utara, realita mengarah ke selatan. Sehingga, pada akhirnya sang pecinta kerap harus memilih: cinta atau realita? Cinta membawanya terbang tinggi ke angkasa, sementara realita menariknya berpijak kuat di bumi. Begitulah yang sebagian para pecinta pahami. Padahal, cinta dan realita sesungguhnya berkawan karib, bergandengan tangan, seia-sekata. Mereka disatukan dengan doa, dengan keikhlasan, dengan kepercayaan kepada Tuhan, bahwa ketetapan-Nya adalah yang terbaik untuk semua. Di titik itulah, semua akan melebur menjadi satu. Di titik itulah, sang pecinta dapat menjejak bumi sekaligus menggenggam angkasa.

Cinta dan romantisme. Cinta dapat menjelma menjadi banyak wajah, bisa mewujud menjadi berbagai bentuk. Cinta yang dapat memabukkan, seringkali membuat para pecinta lupa akan hakikat cinta, juga kehilangan makna akan kesejatiannya. Padahal, bukanlah cinta bila ia saling melenyapkan. Ia semestinya saling melipatgandakan. Bukanlah lagi cinta bila telah terkotori dan ternoda. Ia sepatutnya tetap murni dan nirmala. Begitulah cinta. Ia tak terbatas pada kefanaan dunia, ia mampu menjangkau kekekalan nirwana. Ia bukan sekedar afeksi dalam hati manusia, ia pijakan meraih keridhaan-Nya. Inilah wujud cinta yang paling tidak buaya.

Pada akhirnya, cinta adalah sesuatu yang manis. Meskipun sebelumnya sudah berbaur dengan rasa pahit, hasil akhirnya tetap akan manis. Setidaknya, begitulah saya mengecap cinta.

Selamat mencinta!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: