waktu, berdilusilah

Singkat cerita, beberapa waktu lalu gw dilanda semacam kemarahan, kekecewaan, entahlah perasaan negatif apa lagi, kepada seorang teman. Teman ini sebelumnya sangat gw percayai -ya, sangat- dan ternyata, setelah sekian lama, pada akhirnya gw tahu bahwa gw dibohongi. Dan seperti hati lain yang merasa dibohongi, hati gw terluka.

Gw langsung bereaksi dengan keras, bahkan mungkin sedikit berlebihan. Gw marah, sangat marah. Gw kecewa, sangat kecewa. Dan dengan gobloknya, gw menumpahkannya di media sosial. Maafkan gw yang masih imatur ini.

Pada dasarnya gw adalah orang yang selalu ingin menjaga perasaan orang lain, sama sekali tidak ingin menyakiti, selama gw tidak disakiti. Tapi, nasi sudah menjadi bubur, gw sudah terlanjur kehilangan kontrol dan melakukan kesalahan bodoh ala ABG labil. Maka pada akhirnya, alih-alih merasa didzalimi, gw sekarang malah merasa menjadi pihak yang mendzalimi. Gw merasa bersalah. Dan rasa bersalah adalah pikiran yang paling menghantui. Tidak ada lagi yang sekorosif rasa bersalah dalam menggerogoti jiwa.

Gw lalu menceritakan hal ini kepada Beruang, yang kemudian mengomeli gw habis-habisan atas perilaku tidak bijak gw. Gw hanya bisa terdiam, mengakui bahwa gw memang salah dan menyesali tindakan gw; pada dasarnya gw adalah orang yang tahu diri. Semua omelan Beruang kepada gw mengena, tapi hanya satu hal yang membuat gw berkaca-kaca, yaitu saat Beruang berkata, “Ya sudah, ini bukan salahmu. Ini salahku, yang ga bisa mengurus dan mendidikmu dengan baik.” Gw ga tau apa yang terjadi dengan mata gw, karena tiba-tiba saja sudah tergenang. Gw menahan tangis. Tuhan…😦

Entahlah apa yang sudah gw lakukan. Gw hanya bisa berdoa, semoga kekhilafan gw termaafkan. Dan semoga tindakan bodoh gw terdilusi oleh waktu. Semoga…

Leave a Reply

