</3

Hati adalah harta terbesar perempuan. Dengannya seorang perempuan merasakan, dengannya seorang perempuan memahami, dengannya seorang perempuan mencintai. Pria tak akan pernah menaklukkan seorang perempuan tanpa memenangkan hatinya. Tak akan pernah juga menyakiti dirinya tanpa melukai hatinya.

Perempuan hidup dengan cinta di hatinya, untuk seorang pria yang dipilihnya. Ia menyimpannya di ruang paling mewah dalam dirinya. Karena begitulah takdirnya. Ia dilahirkan untuk mengasihi.

***

Dan saat ini, saya kehilangan harta terbesar saya. Hati saya tak berbentuk lagi. Seperti habis dilemparkan, diinjak-injak, dan akhirnya dibuang. Air mata saya sudah tak menetes lagi. Sudah seharian saya menangis. Hanya masih menggenang tanpa mengalir lagi.

Saya bukan perempuan sempurna. Saya ini perempuan cacat. Kurang ini kurang itu. Terlalu begini terlalu begitu.

Tapi saya menyayangi dengan sepenuh hati, sebesar yang saya mampu. Selalu.

Menyayangi tak pernah sederhana. Ia merangkum tak hanya perasaan, tetapi juga perbuatan, bahkan doa. Maka, sesungguhnya perlu usaha keras untuk menyayangi. Karena menyayangi berarti melakukan kebaikan-kebaikan.

Maka, saat saya sudah bekerja keras menyayangi, dengan segala derivatnya –memahami, memaafkan, memperbaiki diri, bertahan, bertahan, dan bertahan– dan menemukan, berulangkali, bahwa rupanya saya selama ini (memang) bekerja keras seorang diri, bahwa ternyata hasil kerja keras saya tak juga dihargai sedikit pun, malah cenderung disesali, seketika saya sadar hati saya tak lagi utuh.

Dan siapa yang akan menyayangi bila bukan hati?

Karena saya tak punya lagi.

***

1 Comment (+add yours?)

  1. Sisca
    May 28, 2013 @ 20:06:44

    Keren ;’)

    Reply

Leave a Reply

